🌏16|9| 2024: Maulid Nabi Muhammad S.A.W...

Selasa, Juli 18, 2023

Target 1000 Aset 

Pemkot Disertifikasi

BPN Kota Depok Optimis



DEPOK - Gerak cepat BPN Kota Depok  melakukan koordinasi dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Depok melakukan inventarisasi dan identifikasi guna mengejar 1000 sertifikat aset Pemkot Depok. 


Indra Gunawan, Kepala BPN Kota Depok setelah usai rapat koordinasi mengatakan, hingga 31 Desember 2022 jumlah tanah yang tercatat sebagai aset di Pemkot Depok sebanyak 7.123 bidang. 


Dengan rincian 7114 bidang aset tanah, 9 bidang aset lainnya. Sedangkan untuk tanah yang sudah bersertifikat sampai dengan 31 Desember 2022 sebanyak 415 bidang dengan rincian 406 bidang aset tetap, 2 bidang kerja sama BGS, 6 bidang sudah dihibahkan, 1 bidang aset lainnya.


Indra Gunawan menjelaskan kepada wartawan bahwa dari hasil koordinasi, "Kami (BPN) dengan Pemkot Kota Depok, terungkap kendala umum dalam inventarisasi dan identifikasi objek BMN dalam sertifikasi."


Lanjutnya, "Misalnya, aset secara fisik ternyata occupatie (masih dikuasai pihak ketiga) atau sengketa, lalu tidak ada patok tanda batas atau adanya kesulitan pemasangan atau penentuan tanda batas,” papar Indra Gunawan menjelaskan.


Kendala lain yang muncul, seperti riwayat perolehan dan dokumen kepemilikan tidak jelas karena tidak ada data dukung atau tidak ada bukti perolehannya yang disebabkan lemahnya pengawasan

terhadap aset.


“BPN Kota Depok menginginkan pemanfaatan aset menjadi optimal dengan status tanah clean and clear (tertib administrasi pertanahan),” papar Indra Gunawan.  


Tujuan BPN Kota Depok mengajak Pemkot Depok berkoordinasi, untuk membangun basis data tanah instansi pemerintah sehingga tercapai tertib administrasi pertanahan. Sehingga ke depan, instansi terkait dengan aset yang dimiliki mengetahui apakah terdapat penguasaan ataupun ada sengketa dengan pihak ketiga atau masyarakat.


Indra Gunawan menambahkan dalam upaya pengelolaan pembangunan basis data untuk kegiatan legalisasi aset tanah pemerintah, sebenarnya Kementerian ATR/BPN telah menyediakan aplikasi Sipetik (Sistem Informasi Pemetaan Tematik).


Indra Gunawan


Di dalam aplikasi Sipetik ini terdapat tools untuk pengumpulan data spasial bidang tanah aset pemerintah yang terdaftar dan belum terdaftar.


Nanti dalam praktiknya di lapangan, sambung Indra, Pemkot Depok melakukan pencatatan aset diiringi dengan gerakan pemasangan tanda batas guna memastikan batas bidang tanah jelas atau terpasang. Tahap kemudian melakukan pemasangan plang atau papan aset. 


Selanjutnya, BPN Kota Depok bersama Pemkot melakukan rencana aksi, dengan membuka pendaftaran, mencatat dan mendata alas hak hingga dokumen perolehan termasuk biayanya. Disusul dengan pemberkasan.


Setelah tahap itu berlangsung, BPN Kota Depok akan melakukan pengukuran pemetaan kadastral pada peta bidang tanah (PBT) setelah form permohonan layanan terisi dengan lengkap. Tahap terakhir dengan menerbitkan SK pemberian hak.


Ketika ditanya bagaimana progres sertifikat aset Pemkot Depok hingga Juli 2023? Indra Gunawan menyebut, saat ini sudah tercatat 24 pengajuan yang sudah masuk dalam proses PBT, 13 proses SK, dan 11 sertifikat.


Dalam melakukan inventarisasi dan identifikasi pensertifikatan aset pemerintah daerah, BPN Kota Depok mendapati beberapa kendala yang diharapkan dapat dihadapi bersama.   


Pertama, BPN Kota Depok memberikan arahan untuk melengkapi bidang-bidang tanah yang alas haknya belum memenuhi persyaratan, seperti hanya berupa BAST saja tanpa alas hak lainnya. 


Kedua, PSU yang diserahkan masih tergabung ke dalam SHGB induk perumahan, sehingga untuk proses pensertifikatannya harus memecah SHGB induk perumahan tersebut. Belum lagi masih banyaknya PSU yang belum diserahkan ke Pemerintah Kota Depok. Keempat, munculnya keterbatasan SDM di bidang aset BKD.


“BPN Kota Depok menargetkan 1000 BMN bersertifikat di Tahun 2023 tentu bukan sebatas lips service. Semua bisa diselesaikan bersama Pemkot Depok untuk bergerak cepat melakukan langkah-langkah strategis,” papar Indra Gunawan.* ( Red )

Flag Counter     °A Rahmat AS  🛡️Editor


⭕KILASBERITA


Kapolda Metro Jaya Hadiri Upacara Penutupan Kejuaran Judo Kapolri Cup Tahun 2023


JAKARTA – Dalam rangka Hari Bhayangkara ke- 77, Kapolda Metro Jaya Irjen Pol. Karyoto menghadiri upacara penutupan kejuaran judo KAPOLRI CUP Tahun 2023 di Padepokan pencak silat TMII, Jakarta Timur, Minggu ( 09/07/2023).


Acara ini dihadiri juga Menpora RI Dito Ariotedjo, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Pangkostrad Letnan Jenderal Maruli Simanjuntak, Wakapolri dan para pejabat utama Mabes Polri Juga Pejabat utama Polda Metro Jaya.*


Ketua DPD Ummat Beserta Dewan Pengurus Menyerahkan Perbaikan Bacaleg KPU Kota Palembang


PALEMBANG – Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Partai Umat Kota Palembang serahkan berkas perbaikan pergantian Bacaleg ke kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palembang.


Penyerahan tersebut di serahkan langsung oleh Wely Supriyanto S.T Ketua DPD, di dampingi Ridwan SR Sekretaris Partai Politik Ummat. Ketua BPPD Partai Ummat Kota Palembang Syafril GP beserta Dewan Pengurus Partai Ummat Kota Palembang.*


"Karena sesungguhnya bersama kesulitan ada kemudahan..."

Membangun Untuk Indonesia...

Translate news

Powered by Google TranslateTranslate

PILIHAN                                    


        • Terima Kandidat Calon Ketua PWI Pusat He…
        • Roadshow Kebhinekaan Berlanjut Plt. Wali…
      • Buka Rakernis Ditjen PSKPMenteri ATR/Kep…
      • Pepi Januar Pelita, Tokoh Gerakan Ko…
      • Plt Wali Kota Bekasi Buka Kegiatan Penin…

      • Ini Dia  Program yang Akan Bikin Rontok …
      • Kepala BKPSDM Kota Bekasi Jelaskan Perti…

    • Polda Metro Jaya Launching Nomor Hotline…
    • Satpol PP dan Bea Cukai Bekasi Adakan So…
    • SUWANDI; Pengawas Koperasi, Dinas Kopera…

  • Asda 2 Kota Bekasi Terima Kunker DPRD Ko…
  • H. Sulaeman, Ketua  Pengurus Koperasi Sw…
  • Terkait Mafia Tanah;Terkait Mafia Tanah;
    BPN Depok Minta Warga Manfaatkan Aplikas…
  • Pemkot Bekasi Tak Usulkan Formasi ASN 20…
Turnamen Catur Kuncung Putih Cup I Bekas…

  • Terkait Pengerebekan Wakil Bupati Rokan …

Komentar


Urut Berdasarkan 

Komentar tidak dipublikasikan.


  • Deklarasi Pencalonan untuk Pilpres 2024:…
UN DESAUN DESA
Departemen Urusan Ekonomi dan Sosial PBB

Putri Ariani;Putri Ariani;
Simon Bilang, Kamu Akan Melangkah Jauh d…


Jutaan Akun Gmail Akan di Hapus Google:B…
Angle Danau TambelangAngle Danau Tambelang
Wow Destinasi Wisata Bersama Keluarga BE…
Mengurangi Nyeri dan Panas di Tenggoroka…
Grey Peacock PheasantGrey Peacock Pheasant
Burung yang Menarik dan Ramah…

Ini Tanaman Obat Asam Urat dan Perlu Ditanam di Rumah


CAKRAWALA

Follow:  

Tidak ada komentar: