🌏16|9| 2024: Maulid Nabi Muhammad S.A.W...

Jumat, Agustus 09, 2024

KEMAL, TRI DAN HERI;

Tiga Poros Calon Walikota Bekasi


Kemal, Tri dan Heri. (Kolase:istimewa/dok)


KOTA BEKASI- Menjelang pendaftaran Calon Walikota Bekasi tanggal 27-29 Agustus 2024 mendatang, terkecuali PKS dan PPP yang jauh-jauh hari sudah menetapkan pasangan calonnya, kandidat dari partai lainnya masih saling menjajaki berbagai kemungkinan yang ada.


Namun begitu, saat ini sosok Bakal Calon Walikota Bekasi semakin mengerucut, mengarah kepada tiga figur dominan yaitu Brigjen TNI Purn. H. Kemal Hendrayadi SIP, petahana Dr. Tri Adrianto MM, SE. dan Dr. Heri Koswara.


Kemal Hendrayadi putera asli Bekasi, cucu KH Abdul Hamid seorang kyai asal Bekasi itu sudah 2 tahun terakhir ini blusukan ke berbagai tempat di Kota Bekasi untuk menampung beragam aspirasi masyarakat yang ditemuinya.


Sebagai pensiunan jenderal dengan segudang pengalaman di karir militernya, leadership Kemal sudah tidak diragukan lagi untuk memimpin Kota Bekasi lebih sejahtera. Terlebih lagi Kemal tidak punya catatan buruk di sepanjang karirnya dan kini dia dipercaya untuk memimpin Ormas Siliwangi di Jawa Barat.


Kemal menampung beragam aspirasi masyarakat yang ditemuinya.


Karena itu, Kemal sigap menjadi pendaftar pertama sebagai bakal calon walikota di DPD Partai Gerindra Kota Bekasi, kendati ditelikung Abdul Haris Bobieho politisi asal Gerindra yang popularitas dan elektabilitas hanya cukup bisa dibranding sebagai wakil walikota berpasangan dengan bakal calon walikota Tri Adrianto.


Kapasitas dan elektabilitas Kemal Hendrayadi yang cukup mumpuni bersaing dengan kompetitor, bahkan dengan petahana sekalipun, telah membuat DPP PAN beberapa hari lalu merekomendasikannya menjadi Calon Walikota Bekasi. 


Pilihan DPP PAN ini cukup pantas diapresiasi oleh Gerindra dan partai partai lainnya, mengingat Kota Metropolitan Bekasi membutuhkan sosok pemimpin yang bersih dan visioner.


Kandidat potensial lainnya, Tri Adrianto sebagai petahana yang kini menjabat Ketua DPC PDIP Kota Bekasi sudah mendapat rekomendasi  sebagai Calon Walikota Bekasi dari DPP PDIP dan Partai Demokrat. Dengan jumlah suara 22℅ di Pileg 2024 lalu (PDIP 9 kursi=18 suara dan Demokrat 2 kursi=4 suara). Maka pencalonan Tri sudah lolos dari ketentuan ambang batas pemilih 20℅ (parlemementary treshold).


Yang menjadi ganjalan pencalonan Tri ke depan, adalah catatan pelaporan beberapa dugaan kasus korupsi dari perwakilan masyarakat ke KPK, seperti kasus pembangunan Proyek Polder Air Aren Jaya saat Tri masih menjabat Kadin PUPR, kasus pengunaan dana hibah KONI, pelaporan pemotongan Tunjangan Penghasilan Pegawai (TPP) Guru P3K dan dugaan korupsi perjanjian Foster Oil Energi dengan Migas Bekasi. 


Semua kasus itu bisa saja bernuansa politis, namun contoh kasus pengurusan perijinan proyek-property Meikarta telah memberhentikan Neneng Hasanah dari jabatan bupati terpilih setahun setelah dilantik.



Dengan jumlah total suara koalisi PKS dan PPP 26℅ melebihi parlementary treshold 20℅ (PKS 11 kursi = 22 suara dan PPP 2 kursi = 4 suara), jauh jauh hari PKS telah mencalonkan Ketua DPD Kota Bekasi Heri Koswara sebagai Calon Walikota Bekasi berpasangan dengan Sholihin yang menjabat Ketua DPC PPP Bekasi.


Langkah taktis yang diambil PKS berkoalisi dengan PKS ini, sebagai upaya memupus kesan dikotomi PKS berbasis Islam moderat yang berseberangan dengan madzab kaum mahdiyin yang mayoritas dianut masyarakat Bekasi. Terutama sekali menghindari "stigma negatip PKS kaum Wahabi".


Meski demikian, dominasi suara PKS tidak serta merta melapangkan jalan bagi calonnya. Dalam Pilkada Kota Bekasi 2018 lalu, pasangan PKS Nur Supriyanto dan Gerindra Adhy Firdaus Saadhy kalah telak oleh pasangan Rahmat Effendy (Pepen) dan Tri Adhianto yang diusung Golkar dan PDIP serta didukung seluruh partai lainnya dengan hasil  697.634 suara (62℅) berbanding  335.900 suara (32℅) dari jumlah suara sah 1.033.534 pemilih. 


Padahal pada Pileg 2019 lalu, PKS memperoleh tambahan 5 kursi menjadi 12 kursi dan PDIP tetap berhasil mempertahankan 12 kursinya. Bahkan pada Pileg Kota Bekasi 2024 lalu, PKS berhasil menggeser PDIP dengan perolehan 11 kursi, sedangkan PDIP berkurang menjadi 9 kursi.



Bahkan faktor Prabowo pun pada Pilkada Kota Bekasi  2019 lalu tidak berefek. Hal ini memperlihatkan potensi konstituen PKS terbatas pada simpatisannya, sementara massa mengambang non partisan sangat cair, dinamis dan terpolarisasi pilihannya. Tetapi berlainan dengan 2019 lalu, untuk Pilkada 2024 sekarang ini faktor Prabowo akan membawa energi positip lebih.


Beberapa partai lainnya, terutama Golkar masih belum menentukan sikap dukungan terhadap pencalonan kadernya. Terutama masih mempertimbangkan calon yang memiliki kapasitas, popularitas dan elektabilitas yang memadai disamping faktor finansial standar yang diberlakukan kepada setiap calon.


Dari pertimbangan tersebut, bisa mengerucut pilihannya kepada ketiga figur Kemal, Tri dan Heri yang sudah memiliki rekomendasi dari masing-masing partainya. Dan ini bisa meramaikan bursa wakil walikota yang akan menjadi pendorong pemenangan para kandidat nantinya.* 

______________________________
Flag Counter    •Dudi Edu 🛡️Red

 


  • TERKINI 
  • BERANDA 
  •  

    SatgasnasNews
    SatgasnasNews
    Google
    Kota Bekasi Raih Prestasi di Ajang Gelar Teknologi Tepat Guna Nusantara (GTTGN) X…
    baru saja
    Terkait Kasus Susanty Artha; IPW Desak PN Jakut Beri Vonis Berat Pelaku KDRT
    23 jam lalu
    Kebakaran Lalap Rumah Pengrajin Kusen di Jakamulya Bekasi Selatan
    23 jam lalu
    Mantan presiden AS Donald Trump Ditembak; Ini Kondisinya Saat ini ...
    2 hari lalu
    Penyebab Mata Buram; Ini Titik Pijit TCM nya
    2 hari lalu
    "Sudah Capai 70%” Pj. Wali Kota Bekasi Tinjau Renovasi Stadion Patriot Candrabhaga
    3 hari lalu
    Sistem Zonasi SMA Negeri 08 di PPDB Online Kota Depok Diduga Ada Kejanggalan
    4 hari lalu
    Putra Daerah Bekasi Kemal Hendrayadi; Akan Memprioritaskan…
    4 hari lalu
    Ini Jenis Makanan Dilarang dan Cara Mengobati Eksim
    5 hari lalu
    Ini Video Terkait Putusan Pegi Setiawan ...
    seminggu lalu

    KILAS BERITA 

    Iran Akan Balas Dendam Kematian Haniyeh

    PEJABAT tinggi Iran akan bertemu dengan perwakilan sekutu regional Iran dari Lebanon, Irak, dan Yaman pada hari Kamis (8/8/24) mendatang untuk membahas pembalasan terhadap Israel setelah pemimpin Hamas Ismail Haniyeh terbunuh di Teheran.


    Dikutip dari Reuters, konflik Israel dengan Iran dan proksinya meluas setelah pembunuhan Ismail Haniyeh di Teheran pada hari Rabu (31/7/24) pekan ini. 


    Hal itu dikarenakan sebelumnya karena komandan senior Hizbullah terbunuh pada Selasa (30/7/24) dalam serangan Israel di pinggiran ibu kota Lebanon, Beirut.*

     

    Satu Warga Sipil Dibunuh dan Bakar Truck Oleh KKB

    KELOMPOK Kriminal Bersenjata (KKB) Yahukimo melakukan aksi kriminal dengan melakukan pembunuhan terhadap satu warga sipil di kabupaten yahukimo, yang juga membakar 1 truk pada Rabu 31 Juli 2024, pukul 13.30 Wit, lalu.


    Brigjen Pol Faizal Ramadhani, Kepala Operasi Damai Cartenz 2024, mengatakan bahwa insiden tersebut terjadi pada rabu siang di Jalan menuju Kampung Masi, Yahukimo, Papua Pegunungan.


    “Dapat kami menyapaikan bahwa, benar telah telah terjadi pembunuhan terhadap warga sipil dan pembakaran 1 unit truk dikabupaten yahukimo yang dilakukan oleh KKB wilayah yahukimo,” terang Brigjen Pol Faizal Ramadhani.*


    Putri Ariani Mengaku Bangga Jadi Mahasiswa Baru UGM

    MASUKNYA Putri Ariani, penyanyi dan pemusik berbakat yang fenomenal di Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada (UGM) disyukuri berbagai pihak.


    Putri Ariani, mengaku senang dan bangga menjadi salah satu mahasiswa baru UGM- 2024/2025. Ia juga mengatakan memerlukan waktu sekitar satu tahun baginya untuk memilih pendidikan terbaik bagi masa depannya.


    Dilansir dari laman UGM, Putri menyebut banyak pertimbangan, “Setahun ini banyak berpikir untuk kelanjutan pendidikan putri, akhirnya memilih di UGM. Putri pikir, UGM menjadi the right choice for me," katanya.


    Putri juga menyampaikan alasannya memilih prodi ilmu hukum, Fakultas Hukum untuk studinya.*



    Guna mendorong terbentuknya ekosistem usaha dan investasi berbasis kemitraan, Dinas Penanaman Modal dan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) menggelar Focus Group Discussion (FGD) bersama para penggiat usaha di Kota Bekasi untuk bersama membahas strategi optimalisasi investasi inklusif yang berpengaruh dalam mendongkrak pertumbuhan ekonomi di Kota Bekasi. FGD tersebut bertempat di Ballroom Hotel Horison dan dibuka langsung oleh Pj. Wali Kota Bekasi, Gani Muhamad pada Rabu, (31/07/2024). (HumasKotaBekasi).


    PWI Bekasi Raya gelar acara tasyakuran atas pelantikan pengurus PWI Bekasi Raya serta Pelantikan Pengurus PWI Peduli Periode 2024 – 2027, di aula Gedung Biru PWI Bekasi Raya. Acara di mulai sekitaran pukul 14.00 Wib pada Jumat (28/6/2024).


    • DKPPP Kota Bekasi Sosialisasikan Pangan …
    • Inilah Himbauan Kelurahan Rawajati Kecam…
    • PILWALKOT BEKASI:PILWALKOT BEKASI:
      Langkah Blunder Gerindra Majukan Bobihoe…
    • Selayang Karier Sosok Irjen. Pol. Mohamm…
    • Jejak Peraih Adhi Makayasa 2005;
      AKBP Samian Promosi Jadi Kapolres Sukabu…

    • Mengenal Sosok Brigjen. Pol. HengkiBrigj…
    • Kebakaran Lalap Rumah Pengrajin Kusen di…
    • Terkait Kasus Susanty Artha;
      IPW Desak PN Jakut Beri Vonis Berat Pela…
    • Sekda Serahkan Penghargaan Kepada Pemena…


    • Pj. Wali Kota Bekasi Tegaskan Inspektora…
    • AKBP Wirdhanto Hadicaksono:
      Lulusan Terbaik Mendapatkan Penghargaan …
    • Di Peringatan Hari Anak NasionalDi Peringatan Hari Anak Nasional
      Pj Wali Kota Bekasi Berikan Apresiasi Ke…
    • Diduga Dana Bos di SMPN Kota Depok Tidak…
    • Kebijakan Humas Pemkot Depok Diduga Teba…



      • ©
      • Putusan PN Bandung Kabulkan Gugatan Prap…
      • Isu Pergantian Itu Hoax:Isu Pergantian Itu Hoax:
        Itu Pernyataan Pj Wali Kota BekasiKOTA B…
      • Sambut Bulan Muharram;
        Pawai Obor Warga Perkutut 1 dan 2 Berjal…
      • Pers Tidak Boleh Beritakan Ruang Pribadi…
      • Mari Dukung Palestina!Mari Dukung Palestina!
        Kota Bekasi Gelar Aksi Solidaritas “Beka… 

    • Tinjau Kanwil BPN Provinsi Kaltim, Mente…
      • Warga Jalan H Amsir Pawai Obor Sambut Ra…

    Translate news

    Powered by Google TranslateTranslate
    Powered by Google TranslateTranslate

    Membangun Untuk Indonesia  ...
    BERITA LALU   

    PENAWARAN BUKU KAJIAN

    PROGRES PASAR INDUSTRI FIBRE CEMENT BOARD (FCB) DI INDONESIA 2024

    Tembus Rp 5,2 Triliun di Kuartal 1 2024 …




    Video Pilihan




    • PBB Teriak Genosida;Tewas Capai 9.000 Wa…

    • Mantan presiden ASMantan presiden AS
      Donald Trump Ditembak;Ini Kondisinya Saa…
    • Palestina:Palestina:
      “Gencatan Senjata Permanen dan Dukung Ke…
    • Timnas U23 Cetak Sejarah Lolos ke Babak …
    • Hampir Rp.200 Triliun; Bos Real Est…


      • Agama Ke-dua Terbesar di Rusia Rusia. (I…
      Perang Ukraina Hanya Batu Loncatan untuk…

      • Anak Zaskia Adya Mecca Masuk ICU…
      • Fogging yang Terlalu Sering Tidak Dianju…
      • Pedangdut senior Jhonny Iskandar meningg…
      Warga Jalan H Amsir Pawai Obor Sambut Ra…
      • Manfaat Kangkung yang Merupakan Supersta…
    • Makanan yang Cocok Bagi Penderita Hernia…
    • Mengurangi Nyeri dan Panas di Tenggoro

    Tidak ada komentar: